Jangan Langsung Percaya, Ini 9 Mitos Jerawat yang Perlu Diluruskan!

April 06, 2022

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering kita temui. Bahkan jerawat menjadi musuh besar bagi beberapa orang terutama wanita. Mungkin kamu yang membaca artikel ini juga merasakan hal yang sama. Memang jerawat itu terkadang membuat kita ‘gemas’ sendiri. Namun, kamu tahu nggak, sih, hal yang paling gemas dari jerawat? Yaitu mitos jerawat.

Ayo, siapa yang masih sering mendengar mitos jerawat di dagu, mitos jerawat di bibir, atau mitos jerawat di hidung itu karena hal-hal yang nggak masuk akal, contohnya karena sedang jatuh cinta jadi jerawatan. Hmm… rasanya sulit dimengerti.

Jerawat ini sebuah masalah kulit yang disebabkan oleh minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Sehingga, menjadi jerawat. Selain pertumbuhan jerawat yang harus kita hindari, mitos jerawat juga wajib banget untuk kita usir jauh-jauh.

Yuk, kita cari tahu apa saja mitos jerawat yang sering kita temui dan apa, sih, yang terjadi sebenarnya di balik mitos-mitos jerawat ini?

 

1. Sering membersihkan wajah bisa menghilangkan jerawat

Wah, mitos jerawat ini keliru banget, loh! karena kita diwajibkan untuk membersihkan wajah dengan cara mencuci muka setidaknya dua kali dalam sehari. Dengan mencuci wajah, polusi, kotoran, dan bakteri yang menempel di kulit wajah bisa terhempas. Nah, kotoran tersebut jika tidak dibersihkan bisa menjadi pemicu jerawat.

Apalagi kalo seharian kamu beraktivitas di luar ruangan, wajib banget membersihkan wajah setelahnya, ya! Jadi mitos jerawat yang pertama ini tidak perlu kamu ikuti.

2. Jerawat hanya timbul di kulit remaja

Mitos jerawat ini sering kita dengar, tetapi ini tetap mitos karena semua usia itu bisa mengalami yang namanya jerawat. Apalagi, jika tidak rajin untuk membersihkan wajah. Walaupun, mungkin di usia remaja beberapa di antara kamu sudah mengalami jerawat.

Namun, usia berapa pun tetap bisa mengalami jerawat.Sehingga, yang harus kamu lakukan adalah menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, agar jerawat tidak mampir.

3. Jerawat bisa sembuh sendiri

Sama seperti penyakit lainnya, jerawat juga memiliki penyebab yaitu penumpukan sel kulit mati, minyak, dan pori-pori tersebut yang membuat jerawat akhirnya muncul karena menjadi penumpukan kotoran. Dari hal itu, tentunya kamu sudah mendapat tanda bahwa jerawat itu tidak bisa sembuh sendiri, jerawat bisa sembuh kalo kamu juga melakukan hal yang benar seperti rajin mencuci muka, memakai skincare, atau menjaga pola hidup dengan benar.

4. Kulit kering tidak berpotensi jerawat

Mitosnya jerawat hanya tumbuh di kulit berminyak. Eits, tipe kulit kering dan kulit sensitif juga bisa berpotensi jerawat. Adapun, alasannya jerawat sering muncul di wajah dengan tipe kulit berminyak adalah karena kulit berminyak akan memproduksi minyak kulit berlebih, yang jika tidak kamu kontrol dan hadapi bisa memicu jerawat.

Jadi, bagi kamu pemilik kulit kering juga wajib waspada terhadap jerawat, dengan cara kenali tipe kulit kamu dan bersihkan wajah secara teratur dari debu, kotoran, atau sisa makeup.

5. Jerawat yang timbul di lokasi tertentu mempunyai makna khusus

Pastinya kamu pernah mendengar mitos jerawat di dagu, mitos jerawat di pipi, atau mitos jerawat di alis. Faktanya jerawat itu bisa muncul di mana-mana. Contoh kamu bisa mendapatkan jerawat di pipi karena memakai masker setiap saat dan membuat kulit pipi kamu tidak bisa bernapas dengan baik.

6. Menggunakan makeup dapat terhindar dari jerawat

Mitos jerawat selanjutnya adalah jangan menggunakan makeup agar terhindar dari jerawat. Mitos jerawat ini tidak benar, karena kamu bisa menggunakan makeup apapun yang kamu inginkan asalkan alat makeup yang kamu pakai sesuai dengan standarisasi kecantikan dan kesehatan kulit.

Bahkan, sekarang sudah banyak makeup yang memiliki kandungan skincare di dalamnya sehingga aman digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, apabila kamu sedang mengalami jerawat yang cukup parah bisa dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit atau mengurangi penggunaan makeup agar kulit kamu bisa bernapas.

7. Coklat dan makanan berminyak dapat memperparah jerawat

Sering makan coklat dan berminyak bisa menimbulkan jerawat karena kedua makanan tersebut mengandung lemak. Namun, ternyata belum banyak studi yang membenarkan hal ini, tetapi tetap saja kamu tidak bisa mengkonsumsi coklat dan makanan berminyak berlebih karena tidak baik juga untuk kesehatan, bisa memicu kolesterol, hipertensi, atau diabetes.

8. Memencet jerawat dapat mempercepat proses penyembuhan

Mitos jerawat ini yang paling umum dan sering kita dengar. Namun, ini adalah mitos yang cukup fatal, karena memencet jerawat dengan tangan atau alat yang tidak steril itu bisa menyebabkan peradangan pada jerawat. Sehingga, bisa memperparah bukan menyembuhkan.

Jerawat yang dipencet secara paksa bisa meninggalkan luka dan infeksi kulit lebih berat. Maka dari itu, hindari untuk menyentuh dan memencet jerawat dengan tangan. Lebih baik mencuci muka dengan benar dan totolkan obat jerawat yang sesuai.

9. Obat jerawat menyebabkan ketergantungan

Mitos jerawat yang terakhir adalah obat jerawat menyebabkan ketergantungan, nyatanya obat jerawat ini bisa mengatasi masalah jerawat, loh! Mungkin mengapa disebut ketergantungan karena obat jerawat digunakan untuk mengatasi dan mencegah jerawat, setelah tidak digunakan kembali, maka wajar apabila jerawat muncul lagi.

Namun, penanganan jerawat tidak hanya dengan obat jerawat saja, kamu juga harus menjalani gaya hidup yang sehat seperti berolahraga, menjaga kebersihan tubuh dan sekitar, dan juga menjaga pola makan yang sehat.

 

Itu tadi adalah sembilan mitos jerawat yang perlu kamu tahu faktanya. Pasalnya, jika kamu langsung percaya begitu saja takutnya malah memperburuk kondisi kulit dan jerawatmu. Jadi, mulai sekarang jangan langsung percaya jika dengar mitos yang berhubungan dengan kondisi kulit, ya!