Ini Cara Menentukan dan Rekomendasi Urutan Skincare Rutin yang Benar

April 06, 2022

Memakai skincare adalah salah satu rutinitas yang harus kamu lakukan tiap hari agar bisa mendapatkan kulit yang sehat. Apalagi saat ini sudah banyak produk skincare yang mungkin berseliweran di sekitar kamu.

Beberapa waktu lalu juga sempat ramai 10 skincare method sebagai urutan skincare rutin pagi dan malam. Mungkin, sekarang kamu juga sedang bertanya-tanya apakah urutan skincare rutin yang benar itu harus melalui 10 step atau hanya menggunakan face wash, pelembab, dan sunscreen saja sudah cukup untuk dijadikan urutan skincare rutin yang benar?

Daripada kamu bingung, yuk, kita cari tahu bagaimana urutan skincare rutin pagi dan malam yang benar, karena dengan mengetahui urutan skincare yang benar juga bisa membantu produk skincare kamu bekerja secara maksimal.

 

Cara Menentukan Urutan Skincare Rutin yang Tepat

Sebelum masuk ke dalam urutan skincare pagi dan malam yang benar, kamu harus mengetahui tiga poin berikut agar bisa menentukan apa saja urutan skincare rutin yang benar.

1. Pertimbangkan waktu penggunaan skincare

Urutan skincare rutin yang benar adalah kamu perlu mengetahui waktu kapan saja untuk menggunakannya. Kamu pasti tidak mungkin, kan, menggunakan sunscreen saat malam hari? Akan tetapi, di waktu malam kamu harus menggunakan sleeping mask.

Ada beberapa jenis skincare atau kandungan skincare yang lebih baik digunakan di malam hari karena akan bekerja secara maksimal, atau dipakai di pagi hari karena memiliki tekstur yang lebih ringan. Sehingga, kamu bisa menentukan urutan skincare pagi dan malam.

2. Perhatikan tekstur dan kandungan produk

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika ada beberapa kandungan skincare yang lebih baik digunakan saat malam hari seperti retinol, karena retinol adalah salah satu bahan aktif yang cukup sensitif jika digunakan di pagi siang hari.

Untuk pagi hari kamu bisa memilih bahan aktif seperti vitamin C, karena vitamin C akan lebih bekerja maksimal jika dibarengi dengan penggunaan sunscreen.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit

Apapun urutan skincare pagi dan malam yang digunakan oleh orang lain, tetap kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu, karena setiap orang pasti memiliki jenis dan tipe kulit yang berbeda. 

Setelah mengetahui cara menentukan urutan skincare rutin yang benar, kali ini TAVI akan memberikan rekomendasi urutan skincare rutin pagi dan malam yang bisa kamu jadikan referensi. Catat! Baik, baik, ya!

 

Rekomendasi Urutan Skincare Rutin Pagi

1. Pembersih wajah

Di pagi hari yang harus kamu lakukan adalah menggosok gigi yang dilanjutkan dengan mencuci muka. Urutan skincare yang rutin di pagi hari adalah dengan menggunakan pembersih wajah yang sangat gentle untuk kulit, agar kulit kamu tidak terasa ketarik.

Kamu bisa memilih face wash yang berbentuk gel dan juga memiliki kandungan hyaluronic acid.

2. Hydrating Toner

Setelah cuci muka, tentunya wajah kamu harus diberi hydrating toner karena untuk mengembalikan PH kulit kamu. Apalagi, jika kamu menggunakan pembersih wajah yang membuat kulit kamu kering. Maka, kamu perlu buru-buru menyemprotkannya dengan hydrating toner.

Jika, kamu bingung memilih hydrating toner, kamu dapat memilih TAVI Urban Shield 3 in 1 Super Fine Face Mist, karena face mist ini sudah dilengkapi dengan Superberries (Goji Berry, Acai Berry, and Japanese Beauty Berry) yang kaya akan antioksidan.  Di mana antioksidan ini sangat penting untuk dimasukkan ke dalam urutan skincare pagi dan malam, untuk menetralisir efek radikal bebas dan membuat kulit terlihat segar. 

3. Essence 

Produk essence berfungsi untuk memberikan ekstra kelembaban bagi kulit. Sehingga, produk ini bisa di-list untuk kamu yang memiliki kulit kering. Essence juga berfungsi untuk mengikat manfaat dari produk skincare yang kamu pakai.

4. Serum

Serum menjadi tahapan penting dalam urutan skincare rutin yang benar. Mengapa? Karena serum menjadi power untuk memberikan nutrisi yang kompleks ke dalam kulit kamu.

Di pagi hari kamu bisa menggunakan serum dengan kandungan utama niacinamide, karena kandungan ini ringan dipakai di pagi atau siang hari. Salah satu serum niacinamide yang wajib kamu coba adalah TAVI 10% NIACINAMIDE + ZINC Acne Solution Serum, terutama bagi kamu yang memiliki tipe kulit berjerawat.

5. Pelembab

Setelah menggunakan serum, hal yang wajib kamu lakukan adalah menggunakan pelembab atau moisturizer. Pelembab ini tidak hanya oleh pemilik kulit kering saja, kulit oily, normal, dan sensitif juga perlu menggunakan pelembab untuk memberikan extra hidrasi pada kulit. Pelembab juga akan ‘mengunci’ nutrisi dari produk skincare yang kamu pakai sebelumnya.

6. Sunscreen

Urutan skincare yang benar untuk pagi hari adalah sunscreen, kamu wajib menggunakan sunscreen di pagi hari. Walaupun, kamu beraktivitas di dalam ruangan, penggunaan sunscreen ini dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

 

Rekomendasi Urutan Skincare Rutin Malam

1. Make up remover

Setelah melakukan aktivitas seharian, mungkin kamu memakai makeup juga sehari-hari. Maka, kamu perlu makeup remover untuk menghapus sisa-sisa makeup, bila tidak dihapus dengan bersih akan mengakibatkan jerawat juga, loh!

2. Pembersih wajah

Urutan skincare rutin pagi dan malam tentu saja harus memakai pembersih wajah atau face wash. Kamu, bisa menggunakan face wash yang sesuai dengan tipe kulit kamu atau juga yang memiliki klaim untuk membersihkan polusi akibat aktivitas daily

3. Exfoliating toner atau scrub

Saat malam hari kamu bisa menggunakan toner atau scrub juga untuk membersihkan kotoran yang ada di wajah dengan maksimal. Jika, kulit kamu sensitif menggunakan scrub, kamu dapat memilih menggunakan toner exfoliate, seperti TAVI 5% Natural PHA + BHA Retexture Toner yang memiliki klaim untuk mengangkat komedo, kotoran, dan sel kulit mati.

4. Hydrating toner

Setelah menggunakan exfoliate toner, kamu wajib menggunakan hydrating toner untuk mengembalikan PH kulit kamu dan mengurangi kulit kering.

5. Essence

Kamu tetap bisa menggunakan essence dalam urutan skincare rutin di malam hari, essence yang digunakan juga bisa disamakan dengan essence untuk pagi.

6. Serum

Memakai serum di malam hari juga menjadi kewajiban dalam urutan skincare rutin yang benar, karena serum dengan konsentrasinya yang lebih kompleks akan menutrisi kulit lebih dalam.

Di malam hari kamu bisa menggunakan retinol serum yang memang sangat efektif untuk dipakai saat malam hari. Untuk kamu yang baru ingin mencoba serum retinol, kamu bisa masukkan TAVI 1% Encapsulated Retinol + Bakuchiol Slow Aging Serum. Dengan formula 1% retinol dan bakuchiol ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula dalam menggunakan retinol.

7. Eye cream

Penggunaan eye cream sebenarnya adalah pilihan opsional. Namun, bisa menjadi sebuah investasi dalam kulit, apalagi jika kamu sering begadang dan memiliki kantung mata hitam. Nah, eye cream ini akan membantu mengurangi kantung mata hitam dan juga menghaluskan bagian bawah mata untuk mencegah efek dari penuaan.

8. Pelembab atau sleeping mask

Step terakhir yang harus kamu lakukan adalah menggunakan pelembab atau sleeping mask. Kenapa harus menggunakan sleeping mask? Karena saat tidur kulit kamu butuh hidrasi yang lebih ekstra lagi. 

Pelembab atau sleeping mask yang bagus untuk urutan skincare rutin yang benar pada malam hari adalah yang memiliki kandungan squalane, ceramide, dan hyaluronic acid.

 

Itu tadi rekomendasi urutan skincare yang benar. Penggunaan skincare yang benar adalah yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit, karena yang paling mengenal kulit kamu adalah diri kamu sendiri.